Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 2 No. 2 (2024): Juli - September

Pengaruh Model Game Based Learning (Gbl) Berbantuan Quizizz Terhadap Peningkatan Perbendaharaan Kata Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar

Fauziyyah, Dewi Hasna (Unknown)
Wulan, Neneng Sri (Unknown)
Sari, Nadia Tiara Antik (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Kurangnya penguasaan perbendahaaran kata Bahasa Inggris berkaitan dengan model pembelajran yang digunakan. Model pembelajaran diduga bersifat monoton dan tidak sesaui dengna pembelajaran abad ke-21. Hal ini menunjukan perlu adanya pengembangan model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model Game Based Learning (GBL). Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Cisomang. Tujuan dari penelitian ini diantaranya mengetahui: (1) Peningkatan perbendaharaan kata Bahasa Inggris siswa sekolah dasar yang mendapatkan model pembelajaran GBL berbantaun quizizz dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative learning; (2) Pengaruh model pembelajaran GBL terhadap perbendaharaan kata Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen non-equivalent control group design pada pembelajaran Bahasa Inggris Where is my pencil di kelas IV sekolah dasar dengan jumlah subjek 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Kesimpulan: (1) Peningkatan perbendaharaan kata Bahasa Inggris siswa yang mendapatkan model pembelajran GBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative learning; (2) Terdapat pengaruh sebesar 66.1% dari penerapan model GBL terhadap kemapuan perbendaharaan kata Bahasa Inggris siswa. Oleh karena itu, model GBL dapat dijadikan alternatif dalam pembelajran khususnya dalam meningkatkan perbendaharaan kata Bahasa Inggris siswa. Peneliti selanjutnya direkomendasikan melakukan penelitian sejenis dengan menerapkan model GBL untuk meningkatkan perbendaharaan kata lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...