Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Guyup Rukun, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Prov. DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 7 orang anak yang berusia 4-6 tahun dan 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sudah mampu mengenal huruf-huruf hijaiyah ketika kegiatan bernyanyi dilakukan. Selain metode bernyanyi, APE kartu bergambar yang digunakan oleh guru juga dapat meningkatkan pemahaman anak dalam membaca huruf hijaiyah. Hal tersebut di tandai dengan anak-anak yang mampu menyebutkan setiap huruf yang ditunjuk oleh gurunya. Strategi terakhir yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman anak dalam membaca huruf hijaiyah adalah dengan melakukan kegiatan menebalkan huruf di Lembar Kerja Anak (LKA).  Hasil penelitian ini diharapkan  dapat dimanfaatkan  bagi para peneliti  selanjutnya  yang  akan  mengkaji  lebih dalam  mengenai  penggunaan permainan edukatif, seperti permainan papan atau permainan komputer dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak-anak. Fokus yang diperoleh pada penelitian ini dapat mencakup pengaruh permainan tersebut terhadap motivasi belajar dan retensi informasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024