Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial

Pengaruh Evaluasi Hasil Belajar Terhadap Peningkatan Mutu KBM Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas II MA NW Keruak

Muhammad Yani (Unknown)
Muhammad Imanuddin (Unknown)
Husnul Khotimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu mata rantai kegiatan yang harus mendapat perhatian guru dalam melakukan tugasnya sebagai pengelola program belajar-mengajar. Evaluasi hasil belajar bukan sekedar menilai seberapa besar hasil yang diperoleh siswa dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar, akan tetapi evaluasi dapat juga digunakan untuk memperbaiki proses belajar-mengajar. Tegasnya evaluasi dapat dijadikan dasar untu memperbaiki pendidikan. Suatu pendapat mengatakan bahwa rancangan atau desain penelitian pada dasarnya merupakan keseluruhan proses pemikiran dan penentuan matang tentang hal-hal yang akan dilakukan terhadap kegiatan penelitian. Dan proses pemikiran dalam penelitian ini sangat ditentukan oleh tujuan penelitian itu sendiri, apabila suatu penelitian dapat diukur secara langsung dan dinilai dengan angka, maka penelitian itu dinamakan penelitian kuantitatif, sedangkan penelitian yang tidak dapat diukur atau dinilai dengan angka-angka disebut penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa evaluasi hasil belajar bahasa Arab dengan rata-rata 64, 02, standar deviasinya 8, 7 termasuk dalam kategori sedang/cukup dan mutu kegiatan belajar mengajar rata-rata 68, 9 standar deviasinya 8, 92 termasuk dalam kategori tinggi.Sesuai dengan hasil uji hipotesisi yang telah disajikan di atas, maka ditemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar terhadap peningkatan mutu KBM bidang studi bahasa Arab siswa kelas II MA NW Keruak dan hipotesisi alternatif yang ada pada bab III benar adanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan ...