Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Vol 9 No 1 (2024): Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-is

Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Project Based Learning Kelas V SDN 4 Sindangkasih

Gilang Ramdan (Unknown)
Nikita Dewi, Alyanti (Unknown)
Nafira Khusnul Mufhidah , Dea (Unknown)
Nur Aini Farida (Unknown)
M.Makbul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini mengadopsi gaya belajar yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki preferensi auditori, visual, dan kinestetik. Lokasi penelitian berada di UPTD SDN 4 Sindangkasih, Purwakarta, Jawa Barat. Sampel penelitian dipilih secara acak menggunakan metode random sampling. Instrumen penelitian mencakup refleksi pembelajaran untuk mengukur motivasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan ...