Kampung Batik laweyan memiliki eksistensi daerah yang dikenal dalam sejarah Batik Indonesia, namun meskipun sudah menjadi salah satu destinasi belanja di Kota Surakarta, masih terdapat permasalahan dasar yang berhubungan dengan pemasaran digital yaitu minimnya penggunaan platform social media yang berbasis bisnis. Program pengabdian masyarakat ini pun diberikan guna menjawab problematika tersebut dan mendukung program pemerintah “UMKM Naik Kelas dan UMKM GO Digital” dengan memberikan pelatihan startegi pembuatan social media bisnis. Metode yang digunakan berupa dalam kegiatan ini berupa: Pertama, memberikan pelatihan oleh pakar; Kedua, monitoring selama dua bulan terkait materi yang disampaikan dalam pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah peserta mampu melakukan pemasaran online melalui social media bisnis dengan konten-konten yang bisa menarik minat pembeli. Kegiatan ini diikuti oleh 15 UMKM Desa Laweyan dengan antusias dan efektif. Kata kunci— Daya Saing, Laweyan, Kampung Batik, Sosial Media Bisnis, Strategi Pemasaran Digital Abstract Laweyan Batik Village has a regional existence known in the history of Indonesian Batik, even though it has become one of the shopping destinations in Surakarta City, there are still basic problems related to digital marketing, namely the lack of use of business-based social media platforms. This community service program was also given to answer these problems and support the government's program “UMKM Naik Kelas dan UMKM Go Digital” by providing strategic training on making business social media. The methods used for this program are: First, providing training by experts; Second, monitoring for two months related to the material delivered in the training. The result of this dedication is that participants are able to do online marketing through business social media with content that can attract buyers. This activity was attended by 15 MSMEs in Laweyan Village enthusiastically and effectively. Keywords— Competitiveness, Laweyan, Batik Village, Social Media Business, Digital Marketing Strategy
Copyrights © 2024