Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 1 No. 2 (2017)

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Melalui Teknik Pemetaan Pikiran (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa UPT MKU Universitas Negeri Jakarta)

Ayatullah, Ayatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui teknik peta pikiran. Teknik ini digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis untuk mengetahui teknik pembelajaran menulis yang terbaik dan tepat sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Data penelitian ini bersifat kualitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar selama pelaksanaan tindakan, serta wawancara siswa dan kolaborator tentang tindakan yang diimplementasikan. Penelitian dilakukan di UPT MKU UNJ dengan subjek penelitian mahasiswa yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiridari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisis data kemampuan mahasiswa dan aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa siklus I memperoleh nilai ratarata aktivitas mahasiswa sebesar 46,5% dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 66,5%kemudian meningkat lagi di siklus III menjadi 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Peta Pikiran (mind mapping) pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di UPT MKU UNJ.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...