Mengungkap pengaruh media sosial, dukungan orang tua, dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa dimasa pandemi COVID-19 merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jakarta Timur yang berjumlah 840 siswa. Merujuk pada tabel sample Isaac dan Michael untuk jumlah populasi 840 siswa pada signifikansi 5% diperoleh jumlah sample sebanyak 205 siswa, penentuannya dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrumen yang valid dan reliabel. Uji coba instrumen motivasi berprestasi diperoleh rata-rata reliabilitasnya sebesar 0,891, instrumen media sosial diperoleh realibilitas sebesar 0.672, instrumen kecerdasan emosional reliabilitasnya sebesar 0,872 dan reliabilitas instrumen dukungan orang tua sebesar 0,912. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Media sosial berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; 2). Dukungan orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; 3). Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ; 4). Media sosial, dukungan orang tua dan kecerdasan emosional secara stimulan mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi belajar; Pengaruh variabel media sosial, dukungan orang tua, kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar sebesar 83,2%.
Copyrights © 2022