Tujuan dari penulisan artikel ini dijabarkan menjadi dua tujuan, yaitu:1) Mendeskripsikan strategi peningkatan mutu pendidikan melalui kemerdekaan belajar 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung strategi peningkatan mutu pendidikan melalui kemerdekaan belajar Pendidikan merupakan pilar penting bagi suatu negara untuk melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas. Yang paling dibutuhkan dalam menopang pertumbuhan dan perkembangan suatu negara adalah Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Pendidikan menjadi jalan utama berdirinya suatu negara yang kokoh dan mampu mempertahankan kedaulatan negaranya. Oleh karena itu, pendidikan merupakan urgensi yang penting dalam membangun suatu bangsa. Pendidikan yang baik dapat dilihat dari tingkat mutu pendidikan yang ada didalamnya.Kemerdekaan belajar dalam suatu Pendidikan merupakan hal yang penting dalam proses berjalannya pembelajaran disekolah, jika suatu sekolahtidak memiliki kurikulum dalam pembelajaran maka tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini memiliki kesimpulan 1) Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui kemerdekaan belajar terdapat perencanaan. Perencaan itu diantaranya analisis kebutuhan, penyusunan strategi, penyediaaan sarana dan prasarana, pembagian tugas. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui kemerdekaan belajar diantaranya ialah dari faktor sarana dan prasarana yang lengkap sehingga menunjang keterlaksanaan program dengan baik, lalu tenaga pendidik yang sudah memiliki sertifikasi dan berkompeten, lalu juga antusiasme dari peserta didik dalam emngikuti semua program yang dilaksanaan oleh sekolah. Adapun faktor penghambatnya diantaranya melalui kemerdekaan belajar adalah, kurang memanfaatkan kemajuan tehnologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024