An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 9 No 1 (2024): Vol 9 No 1 (2024) : Juni 2024

Telaah Epistemik Kapita Selekta Pendidikan Islam: Belajar Sepanjang Hayat

Siti Inayatulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Pendidikan Islam tidak akan dinilai cukup dan selesai dengan usia tertentu, pada setiap rentang usia akan diperlukan pengetahuan keagamaan. Secara factual akan terus memperoleh pengetahuan baru seiring aktivitas hidup. Dalam perkembangan tersebut, pengertian pendidikan dibatasi dengan pengaruh paradigma yang dikembangkan. Pendidikan Islam mulai dikonstruksikan secara struktural ke dalam jenis tahapan berjenjang, melibatkan sifat administrative dan sistematik. Seolah pendidikan Islam hanya terentang dalam satu rantai tahapan sebagaimana dikenalkan dalam kapita selekta pendidikan Islam. Dilihat dari sudut pandang episteme pendidikan, pendidikan Islam merupakan format Pendidikan sepanjang hayat yang merentang dari pendidikan formal, nonformal hingga informal, namun telah mengalami bias. Bias yang dipengaruhi oleh sejarah pendidikan dan pragmatisme modern. Oleh karena itu dapat diajukan pertanyaan terkait konsekuensi-konsekuensi apa saja yang akan muncul akibat kekeliruan paradigm dalam pemaknaan pendidikan Islam di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan pendekatan heuristic teoritical untuk menganalisis dasar paradigmatic Pendidikan Sepanjang Hayat di Indonesia..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annidhom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal yang dipublish oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal ini menerbitkan karya tulis ilmiah berupa artikel dari kalangan Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan Scholar lainnya dalam ...