Pembelajaran hybrid, yang menggabungkan metode tatap muka dan daring, menjadi tren dalam pendidikan modern. Isu umum yang dihadapi adalah adaptasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap metode ini untuk memastikan efektivitas pengajaran. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan model pembelajaran yang fleksibel dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi serta tantangan pembelajaran di masa pandemi. Metode yang digunakan adalah library research, dengan mengkaji literatur yang relevan mengenai strategi dan implementasi pembelajaran hybrid dalam PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru PAI dalam pembelajaran hybrid dan merumuskan strategi adaptasi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan teknologi, desain pembelajaran yang terstruktur, variasi media pembelajaran, serta metode evaluasi yang fleksibel merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran hybrid. Dengan pendekatan yang tepat, guru PAI dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memastikan pemahaman materi yang mendalam. Kesimpulannya, adaptasi yang efektif dan dukungan teknologi dapat menjadikan pembelajaran hybrid sebagai solusi dalam mendidik generasi muda yang berakhlak mulia dan cerdas.
Copyrights © 2024