Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1: Agustus 2024

Peran Guru PAI dalam Pembelajaran Hybrid: Adaptasi untuk Efektivitas Pengajaran

Yusuf, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran hybrid, yang menggabungkan metode tatap muka dan daring, menjadi tren dalam pendidikan modern. Isu umum yang dihadapi adalah adaptasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap metode ini untuk memastikan efektivitas pengajaran. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan model pembelajaran yang fleksibel dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi serta tantangan pembelajaran di masa pandemi. Metode yang digunakan adalah library research, dengan mengkaji literatur yang relevan mengenai strategi dan implementasi pembelajaran hybrid dalam PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru PAI dalam pembelajaran hybrid dan merumuskan strategi adaptasi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan teknologi, desain pembelajaran yang terstruktur, variasi media pembelajaran, serta metode evaluasi yang fleksibel merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran hybrid. Dengan pendekatan yang tepat, guru PAI dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memastikan pemahaman materi yang mendalam. Kesimpulannya, adaptasi yang efektif dan dukungan teknologi dapat menjadikan pembelajaran hybrid sebagai solusi dalam mendidik generasi muda yang berakhlak mulia dan cerdas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sasana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Bangun Harapan Bangsa. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang Pendidikan Islam. ...