JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Vol 1, No 2 (2013)

MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENGGUNAKAN AGILITY LADDER UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Kurdi, Kurdi ( FIK Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah. Subyek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 69 anak. Subyek uji coba skala besar dilakukan terhadap 140 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah, yang berisikan enam permainan, disusun dalam bentuk buku panduan. Kesimpulan bahwa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah ini dinilai baik dan efektif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci: Model Pembelajaran Motorik, Aktivitas Bermain, Agility Ladder

Copyrights © 2013