cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENGGUNAKAN AGILITY LADDER UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR Kurdi, Kurdi
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah. Subyek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 69 anak. Subyek uji coba skala besar dilakukan terhadap 140 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah, yang berisikan enam permainan, disusun dalam bentuk buku panduan. Kesimpulan bahwa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah ini dinilai baik dan efektif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci: Model Pembelajaran Motorik, Aktivitas Bermain, Agility Ladder
Modifikasi field ball mampu meningkatkan motivasi belajar permainan bola besar pada siswa kelas X.1 SMA N 1 Sentani tahun ajaran 2012/2013 Sudiman, Sudiman
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada standar kompetensi permainan bola besar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2(dua) siklus Hasil penelitian : setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan modifikasi fieldball, yang diketahui pada proses pembelajaran sebelumnya masih banyak siswa yang merasa, takut, tidak bergairah/bersemangat, malas-malasan mengikuti pembelajaran penjas, ada peningkatan motivasi belajar yang berubah menjadi lebih berani bergerak, lebih bersemangat, dan aktif dalam proses pembelajaran penjas. Kesimpulan : peningkatan motivasi belajar dari sebelum dilakukan pembelajaran dengan modifikasi, diketahui motivasi belajar siswa dirata-ratakan 2,69, dan setelah dilakukan modifikasi field ball pada siklus 1 meningkat menjadi 2,90 dan pada siklus 2 lebih meningkat lagi menjadi 3,35, sehingga modifikasi fieldball diyakini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Modifikasi, fieldball, permainan bola besar.
PEMANFAATAN PAPAN KAYU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SENTANI Wanena, Tery
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan papan kayu dalam peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas X SMA Negeri 2 Sentani, (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran lempar cakram dengan memanfaatkan papan kayu. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sentani tahun pelajaran 2012/2013 pada siswa Kelas X yang berjumlah 32 orang siswa. PTK ini menggunakan dua kali siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja lempar cakram dan observasi. Hasil : (1) pemanfaatan papan kayu telah meningkatkan hasil belajar lempar cakram siswa kelas X SMA Negeri 2 Sentani. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 78,35 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,53 % dan (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dari tindakan 1 hingga tindakan 2, rata-rata keaktifan siswa sebesar 65 %, sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 35 % atau peningkatan keaktifan siswa dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 65 %. Secara umum siswa belajar mengalami peningkatan dengan hal yang menarik dan menantang siswa, untuk melakukan aktivitas gerak.
FENOMENA MUTASI ATLET MENJELANG PELAKSANAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL XVII Ita, Saharuddin
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang fenomena perpindahan (mutasi) atlet menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII, Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pengurus KONI tingkat provinsi, induk organisasi olahraga tingkat provinsi, pelatih, dan atlet yang dipersiapkan untuk PON XVII di Kalimantan Timur. Pengambilan sampel menggunakan quota purposive stratified sampling dengan teknik focus group discussion, angket, dan dokumentasi . Kesimpulan: (1) Mutasi atlet menjelang pelaksanaan PON merupakan sebuah fenomena yang tidak bisa dihindari karena domisili, pendidikan, pekerjaan, ikut suami/istri, dan orang tua; (2) Mutasi merupakan hak setiap atlet yang harus dilayani oleh organisasi olahraga; (3) Terjadinya pelanggaran terhadap peraturan mutasi umumnya dapat berasal dari atlet maupun organisasi. Sanksi yang diberikan kepada atlet yaitu tidak diizinkan tampil di PON; (4) Prestasi di PON bukanlah tujuan akhir/puncak bagi atlet. Mutasi harus memberikan kompensasi pada pembinaan daerah asal; (5) Mutasi dapat memberikan akibat positif bagi kesejahteraan atlet, kompensasi pembinaan dari daerah tujuan atlet, harus dapat digunakan untuk pembinaan Pengprov, Pengkab /Kota, sehingga kompensasi harus sampai pada Klub (6) Mutasi atlet memiliki dampak yang positif pada diri atlet belum berdampak positif bagi kinerja pelatih. Kata kunci: Mutasi Atlet, PON
PERBEDAAN ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK ATLET PUTRI VOLI INDOOR PAPUA PADA PON XVII/2008 KALTIM DAN PON XVIII/2012 RIAU Siahaan, Jonni
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbedaan Antropometri Dan Kondisi Fisik Atlet Putri Voli Indoor Pada PON XVII/2008 Kaltim Dan PON XVIII/2012 Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada perbedaan tinggi badan dan beberapa komponen kondisi fisik atlet putri voli indoor Papua pada PON XVII/2008 Kaltim dan PON XVIII/2012 Riau. Jenis penelitian ini tergolong penelitian sekunder. Kondisi fisik yang diselidiki dalam penelitian ini adalah hasil tes kondisi fisik yang dilakukan tim tes kondisi fisik KONI Papua waktu itu, yaitu ; daya tahan umum, daya ledak otot tungkai, kelentukan tubuh, daya tahan otot perut, dan kekuatan otot lengan.Subyek penelitian ini adalah para atlet putri voli indoor Papua yang dipersiapkan menghadapi PON XVII/2008 Kalimantan Timur sebanyak 14 atlet dan PON XVIII/2012 Riau sebanyak 14 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 5 macam yaitu ; alat microtoa untuk mengukur tinggi badan. Tes bleef untuk mengukur daya tahan umum. Vertical jump untuk mengukur daya ledak otot tungkai. Sit and reach untuk mengukur kelentukan tubuh. Sit-up untuk daya tahan otot perut dan push-up untuk mengukur kekuatan otot lengan. Untuk pengolahan data menggunakan statistik perbedaan dua mean dengan taraf signifikansi 0.05. Kesimpulan: tinggi badan, daya tahan umum, daya ledak otot tungkai, kelentukan tubuh, daya tahan otot perut dan kekuatan otot lengan para atlet putri voli indoor Papua pada PON XVII/2008 Kalimantan Timur berbeda bermakna atau lebih baik dari pada PON XVIII/2012 Riau.
Peningkatan Kemampuan Pelatih Lari Sprint Jarak Pendek Melalui Kepelatihan Program Latihan Sutoro, Sutoro
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan agar pelatih dan atlet lari sprint mau menerapkan berbagai model latihan teknik gerakan kaki dan tangan serta memiliki tujuan pembinaan yang terarah dan mau menerapkan IPTEK keolahragaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, serta (4) analisis dan refleksi. Teknik pengambilan data dengan wawancara/interview, tanya jawab dan pengamatan. Hasil dari tindakan I (siklus I) dapat disimpulkan bahwa: dua pelatih (28%) telah menyusun dan mempraktikkan program latihan, model-model latihan teknik kaki/tungkai dan tangan/lengan, serta IPTEK keolahragaan. Empat pelatih (59%) belum menyusun dan mempraktikkan program latihan. Lima pelatih (70%) tidak menggunakan model-model latihan teknik kaki/tungkai dan tangan/lengan, dan IPTEK keolahragaan. Selanjutnya, dari hasil tindakan II (siklus II) dapat disimpulkan bahwa: Semua pelatih (100%) telah menyusun dan mempraktikkan program latihan, model-model latihan teknik kaki/tungkai dan tangan/lengan, serta IPTEK keolahragaan. Disarankan bahwa (1) Penelitian Tindakan Kelas ini perlu dilanjutkan dalam meningkatkan pembinaan atlet. (2) perlu diupayakan agar Penelitian Tindakan Kelas bisa mempopulerkan nomor-nomor cabang olahraga atletik. Kunci: Kemampuan melatih lari 100, 200 dan 400 M.
ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA PUTRA SMPN 5 JAYAPURA TAHUN 2012/2013 Siranianto, Siranianto
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Penjas siswa Putra SMPN 5 Jayapura . Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan korelasional dengan sampel 50 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan metode Multistage Stratified Proposional random sampling dan Posttes disaig only. Pengolahan data dilakukan dengan uji korelasi dengan rata-rata sebesar 14,32 dan 76,58 . Disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel bebas dan variabel terikat dengan nilai Rhitung sebesar .0,263.Jadi hipotesis penelitian di terima α 5% ( 0,03 > 0,05 ) Ho diterima, Ha ditolak. Kata kunci :Kebugaran jasmani dan hasil belajar penjas
AKTIVITAS BERMAIN DAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS VI SD INPRES PERUMNAS I WAENA Guntoro, Tri Setyo
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal aktifitas bermain dan kemampuan motorik siswa. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes, dianalisis dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik siswa/siswi dalam kategori rendah ada 66,6% siswa/siswi, 20% siwa/siswi sedang, dan 13,4% siswa/siswi baik, sedangkan aktivitas bermain siswa/siswi kategori rendah 56,7% siswa/siswi, 26,7% siwa/siswi kategori sedang, dan 16,6% siswa/siswi kategori baik. Kata Kunci: aktifitas bermain, kemampuan motorik siswa
MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BESAR MELALUI METODE PRAKTEK BERPASANGAN Baderun, Paeran
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kemampuan teknik dasar permainan bola besar pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Aimas. Metode yang digunakan adalah Praktek Berpasangan ( Practice-Rehearsal Pairs ) Analisa data menggunakan data kuantitatif dengan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan: Metode Praktek Berpasangan ( Practice-Rehearsal Pairs ) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan nilai siswa setelah dilakukan beberapa perbaikan pembelajaran : sebelum perbaikan ( pre tes ) sebesar 36.4% , pada siklus I 63.6% dengan taraf keberhasilan dalam kategori cukup , dan pada siklus II sebesar 86.4% dengan taraf keberhasilan dalam kategori baik, sehingga dapat diketahui pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sangat seknifikan sebesar 22.8% setelah menggunakan metode praktek berpasangan. Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan, Permainan bola besar, praktik berpasangan
PENGARUH KEBUGARAN JASMANI, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN EMOSI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR Guntoro, Tri Setyo
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kebugaran jasmani, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik perempuan kelas X semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Nimboran Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan teknik korelasional dengan menggunakan empat macam variabel yang terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Penelitian ini menggunakan sampel peserta didik perempuan kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2012 / 2013 SMA Negeri 1 Nimboran Kabupaten Jayapura yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk umur 16 – 19 tahun, tes kecerdasan intelektual (IQ), formulir pernyataan untuk kecerdasan emosional, dan buku raport siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kebugaran jasmani, tingkat kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar yang diketahui berdasarkan besarnya nilai F hitung (11,220) yang lebih besar dari F tabel (2,911). Adapun besarnya sumbangan ketiga variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat adalah sebesar 51,1%. Kata kunci: Kebugaran jasmani, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, prestasi belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 15