JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Vol 1, No 2 (2013)

PEMANFAATAN PAPAN KAYU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SENTANI

Wanena, Tery ( Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan papan kayu dalam peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas X SMA Negeri 2 Sentani, (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran lempar cakram dengan memanfaatkan papan kayu. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sentani tahun pelajaran 2012/2013 pada siswa Kelas X yang berjumlah 32 orang siswa. PTK ini menggunakan dua kali siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja lempar cakram dan observasi. Hasil : (1) pemanfaatan papan kayu telah meningkatkan hasil belajar lempar cakram siswa kelas X SMA Negeri 2 Sentani. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 78,35 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,53 % dan (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dari tindakan 1 hingga tindakan 2, rata-rata keaktifan siswa sebesar 65 %, sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 35 % atau peningkatan keaktifan siswa dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 65 %. Secara umum siswa belajar mengalami peningkatan dengan hal yang menarik dan menantang siswa, untuk melakukan aktivitas gerak.

Copyrights © 2013