Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kemampuan teknik dasar permainan bola besar pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Aimas. Metode yang digunakan adalah Praktek Berpasangan ( Practice-Rehearsal Pairs )
Analisa data menggunakan data kuantitatif dengan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan: Metode Praktek Berpasangan ( Practice-Rehearsal Pairs ) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan nilai siswa setelah dilakukan beberapa perbaikan pembelajaran : sebelum perbaikan ( pre tes ) sebesar 36.4% , pada siklus I 63.6% dengan taraf keberhasilan dalam kategori cukup , dan pada siklus II sebesar 86.4% dengan taraf keberhasilan dalam kategori baik, sehingga dapat diketahui pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sangat seknifikan sebesar 22.8% setelah menggunakan metode praktek berpasangan.
Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan, Permainan bola besar, praktik berpasangan
Copyrights © 2013