Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 6 No. 1 (2024): Transformasi Pendidikan Islam: Moderasi, Inovasi Pembelajaran, dan Penguatan Ka

Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Kisah Teladan Nabi Muhammad pada Sejarah Kebudayaan Islam Di MI

Assyifa, Habibah Shofiyah (Unknown)
Rosyidi, Zudan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Abstrak Salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dipelajari siswa mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTS, MA hingga perguruan tinggi adalah pembelajaran SKI. Mempelajari SKI bermanfaat agar siswa dapat mengenal, memahami dan menghayati berbagai kisah sejarah kebudayaan Islam. Tujuan mempelajari SKI adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang sejarah Islam dan budaya Islam. Dengan cara ini, menanamkan dan membina penghayatan, nilai dan makna yang ada pada sejarah sehingga siswa mamput menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ajaran Islam berdasarkan pengetahuan berbagai fakta sejarah yang ada, membentuk kepribadian dan karakter yang baik dalam diri siswa dengan mencontoh tokoh-tokoh teladan sejarah Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “analisis isi” dengan data-data yang diambil dalam kisah-kisah teladan Nabi Muhammad yang terdapat pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 5. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengidentifikasi nilai-nilai moderasi agama apa saja yang dapat diambil dari kisah teladan pada buku Sejarah Kebudayaan Islam MI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...