Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia

PERBEDAAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I SENTANI

Stefanie, Selmi Yohana ( Universitas Ottow Geissler Papua)
Siregar, Tiurlina ( Universitas cenderawasih)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui : (1) Perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Sentani dengan jumlah 62 orang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 kelas Kontrol. Pengempulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16. Hasil uji normalitas hitungnya > 0,05 data normal. Hasil homogenitas menunjukkan sig hitung < 0,05, signifikan maka kedua kelompok memiliki varians yang sama atau homogeny. Hasil uji hipotesis (uji t) sig hit < 0,005, terima Ha dan tolak Ho. Hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Minat, Hasil Belajar, Kimia

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih. JIPI terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi ...