Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui : (1) Perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Sentani dengan jumlah 62 orang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 kelas Kontrol.
Pengempulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16. Hasil uji normalitas hitungnya > 0,05 data normal. Hasil homogenitas menunjukkan sig hitung < 0,05, signifikan maka kedua kelompok memiliki varians yang sama atau homogeny. Hasil uji hipotesis (uji t) sig hit < 0,005, terima Ha dan tolak Ho.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Minat, Hasil Belajar, Kimia
Copyrights © 2014