Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 9 No. 1 (2023): Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

APRESIASI UNSUR INSTRINSIK TEKS DRAMA MAHKAMAH KARYA ASRUL SANI

Shomary, Sudirman (Unknown)
Yuliawan, Tri (Unknown)
Roziah, Roziah (Unknown)
Sudirman, Nurul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data tentang kemampuan dan pembelajaran siswa di SMA Negeri 2 Dumai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 2 Dumai berjumlah 36 orang, ditambah dengan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Teori yang dipakai adalah teori atau pendapat Suroto (1990), Pratiwi (2014), Mariana (2009), dan Yusana (2013). Teknik yang dipakai adalah teknik tes dan wawancara. Memahami unsur intrinsik drama sebagai bagian sastra merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari di tingkat SMA Negeri 2 Dumai kelas XII MIPA 5. Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami unsur intrinsik drama dari pementasan drama tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa tes kemampuan siswa dengan nilai rata-rata 91,54% berkategori sangat baik. Sedangkan pembelajarannya berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berkategori sangat baik.

Copyrights © 2023