Cakrawala
Vol 3, No 1 (2024): Juni

Pengembangan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting dalam pembelajaran matematika

Napfiah, Siti (Unknown)
Maulita, Ruli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Bahan ajar merupakan hal yang penting bagi pendidik dan siswa dalam menciptakan proses belajar. Model pembelajaran probing prompting adalah model pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan siswa, sehingga dapat mengetahui proses berpikir siswa dalam mengaitkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan pengetahuan baru yang dipelajari. Model pembelajaran probing prompting digunakan untuk menggali kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementasikan, dan evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan lembar angket respon siswa. Hasil validasi dinilai baik dengan kategori valid. Hasil analisis data angket menunjukkan presentase dengan rata rata 80% dengan kategori efektif. Bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria efektif, keefektifan bahan ajar ini dibuktikan dengan ketertarikan dan kemudahan siswa menggunakan bahan ajar ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...