Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 9 No. 3 (2023): Pendidikan dan Budaya Jepang

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Wijayanti, Anak Agung Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara pada mahasiswa program studi pengelolaan perhotelan Diploma IV Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya Tahun Akademik Genap 2022/2023. Subjek pada penelitian ini sejumlah 31 orang, dengan waktu penelitian dari Januari-Mei 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tes lisan digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan berbicara bahasa Jepang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa pada pretes hingga tes siklus II. Model problem based learning yang diterapkan efektif melatih mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan menggunakan bahasa Jepang tersebut sebagai bahasa pengantar dalam mengatasi masalah tersebut. Pada penelitian ini digunakan subtema yang terkait dengan masalah yang banyak terjadi pada departemen food and beverage yang dilatih pada setiap siklusnya.

Copyrights © 2023