Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh resiliensi terhadap dimensi burnout akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan metode analisis yaitu regresi linear berganda. Burnout akademik diukur menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), sedangkan resiliensi diukur menggunakan skala Resilience Quotient (RQ Test). Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diperoleh dalam penelitian yaitu 436 subjek. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji F simultan. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa pada variabel resiliensi dan dimensi 1 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,273, resiliensi dan dimensi 2 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,020 dan resiliensi dan dimensi 3 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, sehingga dapat dikatakan bahwa H2 dan H3 dapat diterima, sedangkan H1 memiliki nilai signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis ditolak.
Copyrights © 2024