Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Kesehatan

FLIPPED CLASSROOM LEARNING PADA MAHASISWA KESEHATAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Astuti, Dhesi Ari (Unknown)
Kurniati, Nurul (Unknown)
Syagata, Anindhita Syahbi (Unknown)
Sulisworo, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

. Pergeseran ke pembelajaran di rumah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini berdampak besar pada siswa, orang tua, dan guru di seluruh Indonesia. Metode pembelajaran Flipped Classroom merupakan metode blended learning yang dapat digunakan dalam situasi pandemic covid-19 ini. Pembelajaran aktif dipedomani menjadi pembelajaran yang baik untuk siswa dikarenakan siswa ikut terlibat dalam menyampaikan pendapat dan proses diskusi. Metode pembelajaran Flipped Classroom memerlukan media yang berkualitas untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik, salah satunya dengan video. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif mengenai gambaran pembuatan media pembelajaran dalam penerapan metode Flipped Classroom. Media video disusun berdasarkan hasil expert judgement dengan pendekatan delphi technique menilai aspek “importance” dan “phrasing” serta media video telah memiliki sertifikat HKI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan, This journal is intended as a medium for communication among stake holders on health research such as researchers, educators, students, practitioners of Health Office, Department of Health, Public Health Service center, as well as the general public who have an interest in ...