Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Edukasi

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy terhadap Hasil Belajar Siswa

Rahayu, Dewi (Unknown)
Muttaqien, Muhammad (Unknown)
Solikha, Maratus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pengimplementasian sintak model Discovery Learning dan penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan belajar kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen semu, dalam penelitian ini sampel dikumpulkan dengan non- equivalent control group design terdapat 72 siswa terbagi menjadi 2  kelas yaitu. X Mia 1 dan kelas X Mia 4 SMA Muhamadiyah 4 Kota Bandung. Data yang digunakan berupa data primer dengan instrumen penelitian, lembar observasi guru dan siswa, pretest-posttest dan angket. Menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan pada siswa 95% dengan kategori sangat baik. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (0,03) < 0,05 dalam pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy pada materi Keanekaragaman Hayati. Respon siswa terhadap 3 indikator pertanyaan angket memperoleh keseluruhan rata-rata dengan nilai 78% dengan kategori Cukup. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran Model Discovery Learning berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Keanekaragaman Hayati.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...