Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pengimplementasian sintak model Discovery Learning dan penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan belajar kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen semu, dalam penelitian ini sampel dikumpulkan dengan non- equivalent control group design terdapat 72 siswa terbagi menjadi 2 kelas yaitu. X Mia 1 dan kelas X Mia 4 SMA Muhamadiyah 4 Kota Bandung. Data yang digunakan berupa data primer dengan instrumen penelitian, lembar observasi guru dan siswa, pretest-posttest dan angket. Menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan pada siswa 95% dengan kategori sangat baik. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (0,03) < 0,05 dalam pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy pada materi Keanekaragaman Hayati. Respon siswa terhadap 3 indikator pertanyaan angket memperoleh keseluruhan rata-rata dengan nilai 78% dengan kategori Cukup. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran Model Discovery Learning berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Keanekaragaman Hayati.
Copyrights © 2023