cover
Contact Name
Muhammad Amiruddin Dardiri
Contact Email
amir.dardiri@gmail.com
Phone
+6281346468345
Journal Mail Official
jurnaledukhasi@gmail.com
Editorial Address
Pontianak, Kalimantan Barat, 78118
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi
ISSN : -     EISSN : 29887836     DOI : https://doi.org/10.60132/edu
Core Subject : Education,
Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, pendidikan sains, pendidikan sosial, pendidikan lingkungan, dan kajian lainnya yang bersifat terbarukan serta dinilai akan dapat memberikan manfaat pada peningkatan kualitas praktik pembelajaran dan pendidikan di Indonesia.
Articles 91 Documents
Pendidikan Islam pada Era Klasik: Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Muhammad Amiruddin Dardiri
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan Islam di era klasik dari perspektif filsafat ilmu. Penulis berusaha mengkaji relasi antara Islam dan pendidikan di era klasik dalam perspektif historis filosofis yang mencakup tentang ontologi, epistemologi, dan berakhir pada aksiologi. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi pustaka yang merujuk pada literatur primer dan sekunder sebagai sumber referensinya. Data yang berhasil diperoleh dari literatur primer dan sekunder dikaji dan dianalisis dengan pendekatan historis filosofis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tradisi pendidikan Islam klasik, Rasulullah SAW telah berupaya membangun kehidupan masyarakat muslim dengan cara pandang yang adil tentang realitas, yakni realitas yang mengakui fisik dan metafisik. Konsekuensi dari cara pandang ini tentu melahirkan konsekuensi bahwa Islam tidak menegasikan satu metode tertentu dalam memeroleh ilmu dan mengistemawakan lainnya. Sehingga, dalam tradisi Islam klasik yang dilanjutkan oleh para sahabat, elaborsi antara rasio dan teks agama yang bersifat wahyu menjadi hal sangat menarik. Agama dan rasio tidak diletakkan pada posisi bertentangan, namun saling melengkapi satu dengan lainnya. Cara pandang non dikotomis ini juga berimplikasi pada tujuan pendidikan Islam era klasik, yaitu ketaatan kepada Allah SWT dengan segala konsekuensi turunannya, termasuk menjaga kemaslahatan agama, alam, dan sesama manusia.
Manajemen Sekolah Menengah Pertama Kaston Oloan Pangabean
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.73

Abstract

Administrasi pendidikan tidak hanya berkaitan dengan tata usaha tetapi juga berkaitan dengan semua kegiatan sekolah baik mengenai materi, personal, perencanaan, kurikulum dan sebagainya yang diatur agar menciptakan suasana yang memungkinkan kondisi pembelajaran yang bbaik sehingga mencapai tujuan pendidikan. Agar dapat di dayagunakan secara optimal dalam mencapai tujuan institusional sekolah menengah pertama, semua komponen tersebut dikelola dengan sebaik-baiknya. Semakin banyak personil dan fasilitas yang didayagunakan semakin menuntut adanya manajemen sekolah menengah pertama yang baik. Dari latar belakang di atas, maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apa yang dimaksud dengan manajemen sekolah menengah pertama? (2) Bagaimana kegiatan manajemen di sekolah menengah pertama?. Tujuan manajemen sekolah menengah pertama adalah mencapai tujuan institusional sekolah menengah pertama. yaitu memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah. Dengan manajemen sekolah menengah pertama yang baik, tujuan tersebut diharapkan dapat dicapai secara efisien
Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar pada Tema 9 Sub Tema 1 di Kelas 6 SDN 40 Kedondong Rudi Permana
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 sub tema 1 di kelas 6 SDN 40 Kedondong. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest- Posttest (desain pretes-postes satu kelompok). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal-soal pre test dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 40 Kedondong dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji U Mann Whitney dengan bantuan software IBM SPSS versi 20, diketahui nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis dalam uji U Mann Whitney bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Adanya perbedaan yang signifikan ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Bermain Peran terhadap hasil belajar siswa.
Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Cerita Rakyat Bahasa Indonesia Parmiyati Parmiyati
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.75

Abstract

Prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pada hasil ujian sekolah diketahui sebagian besar kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V SDN 1 Seponti Jaya Tahun Pelajaran 2021/2022. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SDN 7 1 Seponti Jaya Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SDN 1 Seponti Jaya. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70,73%), siklus II (80,50%), siklus III (90,24%).
Analisis Sifat Monologis Teks Akademik pada Makalah Nurhaidah Nurhaidah; Nichelle Calvinna
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas sifat monologis pada latar belakang makalah berjudul Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian, serta dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kalimat yang tidak monologis pada latar belakang makalah berjudul Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Penelitian ini menggunakan teori bidang linguistik mengenai ciri monologis teks akademik. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini mendeskripsikan penggunaan kalimat monologis dalam teks akademik secara kualitatif. Pengambilan sumber data dilakukan dengan teknik purposive dengan kriteria makalah yang diambil mengandung kalimat yang tidak monologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berbentuk data bahasa tulisan dari latar belakang makalah berjudul Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Teknik analisis data pada penelitian ini mengadopsi teknik penelitian Tarigan (dalam Taib, dkk, 2022: 38), yakni analisis kesalahan berbahasa yang terdiri atas pengidentifikasian data, pengklasifikasian data, penjelasan data, dan penyimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menemukan dari 17 kalimat, terdapat 9 kalimat monologis dan 8 kalimat tidak monologis. Hasil ini menunjukkan bahwa latar belakang makalah berjudul Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian memenuhi ciri monologis teks akademik sebesar 53% dan tidak memenuhi ciri monologis teks akademik dengan persentase 47%. Semua kalimat yang monologis pada latar belakang makalah tersebut menggunakan kalimat indikatif-deklaratif. Dari 8 kalimat yang tidak monologis, terdapat 3 kalimat proposisi-interogatif dan 5 kalimat yang bernada dialogis. Secara umum, latar belakang makalah berjudul Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian tidak memenuhi sifat monologis yang dibuktikan dengan kalimat tidak monologis berjumlah hampir setengah dari jumlah keseluruhan kalimat, sehingga makalah tersebut kurang memenuhi ciri keilmiahan teks akademik ditinjau dari sifat monologisnya.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas Vb SD Negeri 2 Sungai Raya Lia Muliana; Riyanti Nurdiana; Muhammad Aqmal Nurcahyo
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.81

Abstract

This study aims to improve Mathematics learning outcomes through Realistic Mathematics Learning in class VB students of State Elementary School 2 Sungai Raya. The learning outcomes used include cognitive learning outcomes and student attitudes during learning. This research is a classroom action research conducted collaboratively with the class teacher. This research design used a modified Kemmis & McTaggart model in 2 cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The object of the research was the learning outcomes of Mathematics through Realistic Mathematics Learning. Data collection techniques were testing and observation. Data analysis techniques were descriptive quantitative and qualitative. The results showed that the Mathematics learning outcomes of VB grade students of State Elementary School 2 Sungai Raya could improve after being given action through Realistic Mathematics Learning. In realistic Mathematics Learning used is to use real problems in life, use props, discuss results, and find concepts, then the teacher introduces standard procedures/formulas and relates other concepts in mathematics that are related. Students do not immediately get the formula but first students are directly involved in making observations using props and group discussions so that they find concepts. Initial cognitive learning outcomes showed that as many as 8 students (30%) had reached the KKM then in cycle I increased to 18 students (67%) and in cycle II increased to 23 students (85%). The average result of the attitude of cycle I reached 63% while cycle II obtained an average result of attitude of 81%. Thus, Realistic Mathematics Learning can improve the learning outcomes of mathematics students in class VB SD Negeri 2 Sungai Raya.
Pengembangan Media Puzzle Sugaka pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II Sekolah Dasar Nadia Nadia; Risdiana Andika Fatmawati; Muhammad Aqmal Nurcahyo
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.85

Abstract

This study aims to determine the development of sugaka puzzle media for thematic learning for second grade students at SD Negeri 03 Sungai Raya. The research model used is development based on R&D (research and development). The validation results from all experts show that the development of puzzle media in thematic learning meets the valid criteria with the acquisition of a 100% proportion. The results of large-scale field trials with the acquisition of student responses to the Sugaka puzzle media obtained 93% results. Assessment of activity sheet 1 large-scale field test results obtained 98%. The posttest results obtained for all students scored (> 80), then the average score of all students was obtained on the posttest results of the initial field trials of students, namely 93 or "Very Good".
Pengaruh Pendekatan Science Environment Techonology and Society (SETS) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan Cici Nurohmawati; Ading Pramadi; Sri Maryanti
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS terhadap keteramppilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Metode ini digunakan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh suatu perlakuan melalui sebuah eksperimen dengan desain penelitian non-equlivalent control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrument  soal pre-test dn post-test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII  MTS Swasta di Kota Bandung dengan jumlah orang 60  orang.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa berdasarkan uji N-Gain nilai kelas  yang menggunakan pendekatan SETS  sebesar 0,35 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,14 dengan kategori rendah. Hal ini menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpukan bawa terdapat perbedaan yang signifikan antara  kelas yang menggunakan pendekatan SETS dan kelas kelas yang tanpa menggunakan SETS . Adanya perbedaan yang signifikan ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh pendekatan SETS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Detasari Putri Budiastutik; Muhammad Muttaqien; Hadiansyah Hadiansyah
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.89

Abstract

Model pembelajaran Kooperatif memiliki berbagai tipe, tipe Group investigation dirasa lebih efektif untuk meningkatkan akses siswa pada pembelajaran, sehingga pengalaman siswa yang aktif dalam pembelajaran secara langsung dapat melatih beberapa kompetensi siswa,  dikombinasikan dengan model pembelajaran Blended learning diharapkan dapat mengembangkan keefektifan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan adanya perolehan nilai N-Gain pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis blended learning dari data pretest dan posttes yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran memperoleh nilai sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Data tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis blended learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example Non-Example Berbantu Padlet Pada Materi Ekosistem Septiyani Hastuti; R. Ading Pramadi; Mar’atus Solikha
Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60132/edu.v1i1.91

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang harus dimiliki dan dikembangkan pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan menganaisis pengaruh model pembelajaran example non-example berbantu media padlet terhadap kemampuanberpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-equivalennt Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Cicalengka dan sampel yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa memperoleh kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,79 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0,58 dengan kriteria sedang. Hasil uji hopotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran example non-example berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Page 1 of 10 | Total Record : 91