Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Edukasi

Upaya Meningkatkan Literasi Inklusi Masyarakat melalui Pojok Baca untuk Mendukung Program SDGs di Desa Sepadu Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

Jayadi, Rewan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Sebuah program kerja yang dapat meningkatkan edukasi tentang literasi masyarakat desa sepadu ialah dengan membuat sebuah inovasi pojok baca yang menarik agar dapat menjadi perhatian masyarakat dan dapat menjadi program unggulan desa untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Metode yang di gunakan dalam proses penelitian pengabdian ini ialah dengan pendekatan kualitatif, yang mana pada pendekatan kualitatif tidak menggunakan populasi, karena penelitian ini berangkat (starting point) dari sebuah atau beberapa kasus keberadaan individu atau kelompok dalam lingkungan masyarakat tertentu dan hasilnya hanya berlaku pada situasi sosial itu sendiri. Hasil dari penelitian pengabdian pojok baca desa sepadu sangat berperan dalam meningkatkan minat literasi masyarakat yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis buku-buku pengetahuan serta buku inovasi yang dapat memberikan informasi positif terhadap masyarakat, selain itu juga dengan lukisan pojok baca yang menarik sehingga tidak membosankan bagi masyarakat yang berkunjung, sebagai pelopor utama pojok baca ini ialah buku hasil karya yang penulis bawa dari provinsi tempat tinggal, kedepannya pojok baca ini bisa menjadi inspirasi untuk dapat dikembangkan lagi dan dapat menjadi salah satu program unggulan desa dalam meningkatkan tingkat minat literasi kepada Masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...