Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Edukasi

Perbedaan Penerjemahan Gramatikal Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

Sobri, Ahmad (Unknown)
Syahvini, Salsabila Nasywa (Unknown)
Rizqa, Rachma Fatihatul (Unknown)
Padilah, Salwa (Unknown)
Athallah, Muhammad Rafif (Unknown)
Fadila, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penerjemahan merupakan suatu kegiatan sangat penting dalam komunikasi lintas budaya, terutama antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Terdapat karakteristik khusus yang membedakan kedua bahasa ini, baik dari segi struktural, gramatikal, maupun budaya yang signifikan. Menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab, dan sebaliknya, menjadi tantangan tersendiri karena kompleksitas perbedaan antara keduanya yang menimbulkan tantangan dalam proses penerjemahan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan studi kepustakan/dokumentasi. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memvalidasi fenomena social yang menjadi objek kajian. Kajian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai karakteristik penerjemahan dua bahasa, dengan fokus pada bagaimana perbedaan tersebut mempengaruhi hasil penerjemahan dan untuk memberikan wawasan lebih dalam mengenai proses penerjemahan bahasa Indonesia dan Arab dengan menganalisis perbedaan struktural, mengeksplorasi faktor budaya, dan mempertimbangkan aspek psikolinguistik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...