Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media Pop-Up Book pada pembelajaran matematika materi Volume Bangun Ruang Balok dan Kubus kelas V. Teknik yang digunakan dalam pembuatan Pop-Up Book pada penelitian ini adalah teknik Box and Cylinder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Developement (R&D),teknik pengumpulaln daltal menggunalkaln 2 jenis teknik, yalitu alngket daln tes, sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di SDN 7 Sungai Raya yang terdiri dari 27 orang peserta didik. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dan soal tes (Pre-Test dan Post-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinyatakan layak dari hasil validasi ahli media mendapatkan skor 70% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 94%, dan media Pop-Up Book dinyatakan praktis berdasarkan hasil respon peserta didik dengan mendapatkan skor 95%, sedangkan berdasarkan perhitungan N-Gain dari hasil Pre-Test dan Post-Test media Pop-Up Book mendapatkan skor 0,91 dinyatakan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok.
Copyrights © 2024