Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Edukasi

Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD

Mariani, Icha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media Pop-Up Book pada pembelajaran matematika materi Volume Bangun Ruang Balok dan Kubus kelas V. Teknik yang digunakan dalam pembuatan Pop-Up Book pada penelitian ini adalah teknik Box and Cylinder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Developement (R&D),teknik pengumpulaln daltal menggunalkaln 2 jenis teknik, yalitu alngket daln tes, sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di SDN 7 Sungai Raya yang terdiri dari 27 orang peserta didik. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dan soal tes (Pre-Test dan Post-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinyatakan layak dari hasil validasi ahli media mendapatkan skor  70%  dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 94%, dan media Pop-Up Book  dinyatakan praktis berdasarkan hasil respon peserta didik dengan mendapatkan skor 95%, sedangkan berdasarkan perhitungan N-Gain dari hasil Pre-Test dan Post-Test media Pop-Up Book  mendapatkan skor 0,91 dinyatakan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...