Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) pada domain data dan ketidakpastian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ada dua siswa dari 31 siswa siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin. Instrument yang digunakan adalah soal AKM. Analisis data dilakukan sesuai dengan proses pemecahan masalah pada OECD yaitu merumuskan masalah (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan dan mengevaluasi (interpret and evaluate). Hasil penelitian yaitu, bahwa 1) pada proses merumuskan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah sehingga mengalami kesulitan juga dalam mengidentifikasi informasi yang relevan pada soal AKM, 2) pada proses menerapkan, siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep matematika sehingga kesulitan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian pada soal AKM, 3) pada proses menafsirkan, siswa tidak menarik kesimpulan dari pemecahan masalah yang diberikan ke dalam konteks nyata karena kurang terbiasa..Kata kunci: kesulitan, AKM, data dan ketidakpastian. Abstract:This study aims to describe students' difficulties in working on Minimum Competency Assessment questions in the data and uncertainty domain. This research is a qualitative research with a descriptive research type. The subjects of this study were two students from 31 students of SMP Plus Hidayatul Mubtadiin. The instrument used was the Minimum Competency Assessment questions. Data analysis is performed in accordance with the problem solving proces in OECD that is formulate, employ, interpred and evaluate. The results of the research are, that 1) in the process of formulating, students have difficulty understanding the problem so they have difficulty also in identifying relevant information on Minimum Competency Assessment questions, 2) in the process of applying, students have difficulty in applying mathematical concepts so that it is difficult in writing down the steps completion of Minimum Competency Assessment questions, 3) in the process of interpreting, students do not draw conclusions from problem solving given in real contexts because they are not used to it. Keywords: difficulty, Minimum Competency Assessment, data and uncertainty
Copyrights © 2024