Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan
Vol 1 No 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat

Harahap, Aminah (Unknown)
Khoirul Jannah, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Hasil belajar fisika siswa kelas VIIIf untuk mata pelajaran fisika masih kurang. Salah satu kesulitan siswa dalam pembelajaran karena kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika khususnya pada pokok bahasan gerak lurus. Rendahnya kreativitas belajar fisika siswa berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mengembangkan kreativitas, perlu model pembelajaran yang mampu melatih keterampilan siswa. Dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) siswa dituntut lebih aktif dan kreatif sehingga siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Panduan Guru, Lembar Kerja siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan angket respon. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan kreativitas fisika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak lurus dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dapat meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa sehingga penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat dijadikan alternatif pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intern

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

INTERN merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA mencakup fisika/pendidikan fisika, kimia/pendidikan kimia, biologi/pendidikan biologi, matematika/pendidikan matematika, IPA/pendidikan IPA. Artikel yang dipublikasikan di ...