Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak negatif dan positif pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 yaitu untuk mengetahui minat belajar dari mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar questioner melalui online. Jenis penelitian adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di UIN Syahada Padangsidimpuan. Populasi penelitian berjumlah 18 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling dengan jumlah sampel 9 orang. Instrumen pengumpulan data lebih ke kuisioner menggunakan google from.Tehnik pengumpulan data dengan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak negatif pembelajaran jarak jauh yaitu jaringan tidak memadai, mahasiswa kurang paham dengan materi pembelajaran, mahasiswa merasa kurang semangat mengikuti pembelajaran daring, keterbatasan fasilitas dalam pembelajaran daring menyulitkan mahasiswa dan kuota internet mahal. Dampak positif dari pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran daring lebih parktis dan santai, penyampaian informasi lebih cepat dan bisa menjangkau banyak mahasiswa, siswa lebih tertarik dalam mengerjakan tugas, dosen dan siswa memperoleh pengalaman baru terkait pembelajaran daring. Maka, dapat disimpukan bahwa terdapat dampak positif dan negatif dari pembelajaran jarak jauh (daring).
Copyrights © 2022