Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 1, No 4 (2022): Oktober - Desember

Penerapan model tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan gerak tari jepen pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan

Rahmayanti, Hastika Aulia (Unknown)
Jamilah, Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan model tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan gerak tari Jepen pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan dalam meningkatkan keterampilan gerak tari Jepen setelah menggunakan model pembelajaran tutor sebaya.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi disetiap siklusnya yang dilaksanakan empat kali pertemuan disetiap siklusnya. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus I 26% dan siklus II 81%. Dilihat dari presentase keberhasilan siswa disetiap siklusnya, penerapan model tutor sebaya berhasil meningkatkan keterampilan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan dalam keterampilan gerak tari Jepen yang aspek penilaianya diukur dari aspek wiraga, wirama dan wirasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...