Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 2, No 3 (2023): Juli-September

PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN SATAP 4 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

Astuti, Widia (Unknown)
Jamilah, Jamilah (Unknown)
Saenal, Selfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Role Playing serta meningkatkan kreativitas gerak tari siswa dengan memainkan peran dalam tarian Petani yang Malang pada pembelajaran seni tari kelas VIII di SMPN Satap 4 Sajoanging. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII di SMPN Satap 4 Sajoanging. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan dan terdapat 4 tahap pada setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tingkat kreativitas gerak tariĀ  siswa dalam memainkan peran dengan tarian petani yang malang dapat dilihat pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa rata-rata 33,33% . kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa 80% sehingga kreativitas gerak tari siswa dapat dikatakan meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...