Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan penyediaan bahan ajar sastra yang kurang bervariatif khususnya pada pembelajaran kd 3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan kelas VII SMP , Teori yang digunakan dalam penelitian adalah nilai kepahlawanan, pengembangan media ajar dan pembelajaran sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk kualitatif. Hasil analisis yang ditemukan adalah nilai heroisme yang meliputi 1). Peka, 2). Ikhlas, 3). Cinta, 4). Pengorbanan dan kesabaran, 5). Bersatu. Nilai heroisme tersebut dapat dijadikan alternatif media ajar sekaligus bahan ajar pada pembelajaran mengidentifikasi informasi teks ulasan karema film tersebut sesuai dengan teori 1). Tepat guna, 2). Berdaya guna dan 3). Bervariasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024