Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2024): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2024

ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS DALAM KOMENTAR STATUS WAWANK DS’PUTRA PERIODE 2 JUNI (KAJIAN SINTAKSIS)

Wibowo, Rosa Derby (Unknown)
Widyaningsih, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

 Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis model Sara Mills (2007) berfokus pada fpcus chacter yang terdiri dari (1) posisi subjek – objek dan (2) posisi pembaca. Hasil dari 5 analisis data yang diperoleh sebagai bukti, peneliti dapat memahami maksud dari ujaran-ujaran netizen sebagaimana pemikiran yang sudah berkembang mengikuti zaman dan membuat mereka berkembang dengan frugal living dan open mindset dalam menyikapi sesuatu. Pemaknaan sintaksis juga sudah terdapat dari data 1-3 termasuk dalam data posisi subjek – objek banyak makan yang tersirat dan menyorot kepada marjinilisasi. Dan untuk data 4-5 dapat ditari pemahaman terkait pembaharuan pemikiran masyarakat dalam menyikapi suatu fenoman cultur baru dikalangan pendidikan.  Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih dalam terhadap fokus kajian semantik, morfologi, kesalahan berbahasa, dan lain sebagainya dengan pendekatan Sara Mills, Van Dijk, atau teori-teori lainnya. Hal ini bertujuan untuk menambahkan refrensi koleksi literatur. Dan pada penelitian terdapat beberapa data yang tidak bisa diunggah secara keseluruhan dikarena menyeusiakan dengan fokus bidang dan kajian teori yang digunakan peneliti untuk meneliti analisis wacana kritis Sara Mills.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksatrasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam ...