Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2024): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2024

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) di Kelas X IPS MA Plus Mandalawangi

Utami, Fanny Rahma (Unknown)
Rohayati, Nia (Unknown)
Hidayat, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Pembelajaran bahasa dibagi menjadi empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca, menulis. Empat keterampilan berbahasa dibagi menjadi dua yaitu keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Ketrampilan menulis dianggap sebagai keterampilan yang paling kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil peningkatan penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu membuat deskripsi, gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fajta-fakta. Data diperoleh dengan cara Teknik observasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks anekdot terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 2) Model pembelajaran Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksatrasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam ...