PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 3 (2023): PEDADIDAKTIKA

Hubungan Efikasi Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS

Perdiansyah, Perdiansyah (Unknown)
Basith, Abd. (Unknown)
Marhayani, Dina Anika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini membahas sebuah studi mengenai hubungan efikasi diri dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini kelas V SD. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data berdasarkan teknik pengukuran berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan teknik angket efikasi diri, kepercayaan diri dan tes pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS; 2) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2023