Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): December

Penggunaan Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Descriptive Text di SMPN 2 Puger

Islamiyah, Choirul (Unknown)
Susanto, Agus Budi (Unknown)
Laeli, Anita Fatimatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan teka-teki silang dalam teks deskriptif di konteks sekolah menengah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik dan kebutuhan siswa terhadap materi bahasa Inggris, merancang dan mengembangkan materi topik teks deskriptif yang relevan dengan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Ada empat langkah yang dilibatkan dalam setiap siklus, yaitu: perencanaan (penyusunan rencana pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran), tindakan (deskripsi tindakan, skenario tindakan korektif, dan prosedur tindakan korektif), pengamatan (menganalisis rencana yang dilaksanakan dengan baik untuk hasil belajar optimal siswa tanpa deviasi), dan refleksi. Data diambil dari observasi, wawancara,lembar penilaian, dan catatan refleksi untuk mengungkap respons siswa. Hasil penggunaan teka-teki silang dalam teks deskriptif berdasarkan lembar evaluasi. Berdasarkan penelitian siklus I, hasil yang diperoleh adalah skor rata-rata 67, naik 7 poin dari skor awal (60), dan 10 siswa (33%) yang mencapai KKM. Pada siklus II, skor rata-rata yang diperoleh adalah 82,5, peningkatan 15,5 poin dari skor siklus I, dan siswa yang mencapai KKM adalah 30 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar materi teks deskriptif bahasa Inggris untuk siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Puger.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) ISSN 3026-3166 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JTP publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...