Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2024): June

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mewujudkan Student’s Well Being pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Bangorejo

Nurmayasari, Khilma Vita (Unknown)
Prafiasari, Aulya Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar untuk mewujudkan student’s wellbeing pada pembelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan. Pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar merupakan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan karakteristik peserta didik serta gaya belajar mereka yaitu visual, audio, dan kinestetik yang berpusat pada peserta didik. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif di kelas X.4 SMA Negeri 1 Bangorejo. Data mengenai gaya belajar peserta didik didapatkan melalui angket berupa google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keragaman gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik dengan presentase tertinggi yaitu gaya belajar visual. Penerapan pembelajaran berbasis diferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik dengan student’s well being memiliki peran yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan karena peserta didik dapat mengekspresikan potensi yang dimiliki dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) ISSN 3026-3166 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JTP publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...