Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2024): September

Penggunaan Google Earth dalam Pembelajaran IPS

Ali, Muhamad Khaedar (Unknown)
Kamal, Astrid Liani (Unknown)
Safitri, Desy (Unknown)
Sujarwo, Sujarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Salah satu teknologi yang merevolusi pembelajaran ilmu sosial adalah Google Earth. Google Earth adalah aplikasi berbasis web yang menggabungkan citra satelit, peta, dan foto udara ke dalam platform interaktif untuk memberikan visualisasi tiga dimensi permukaan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan Google Earth dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis kualitatif studi kasus penggunaan Google Earth dalam berbagai konteks pembelajaran IPS.Studi ini menunjukkan bahwa Google Earth menawarkan berbagai keunggulan dalam pembelajaran ilmu sosial, antara lain visualisasi fenomena geografis dan sosial yang realistis, eksplorasi interaktif tempat sejarah dan budaya, serta analisis sebaran dan pola geografis. Selain itu, Google Earth memungkinkan Anda dengan mudah memasukkan konsep geografis dan sosial ke dalam pelajaran IPS, meningkatkan keterlibatan dan minat siswa melalui pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Namun, penelitian ini juga menyoroti beberapa tantangan dalam menggunakan Google Earth, termasuk keterbatasan aksesibilitas dan infrastruktur, serta perlunya pelatihan dan dukungan bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kelas mereka. Oleh karena itu, penggunaan Google Earth dalam pendidikan ilmu sosial menjanjikan potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap fenomena geografis dan sosial serta mengembangkan keterampilan analitis dan berpikir kritis. Namun, memaksimalkan manfaat teknologi ini untuk pembelajaran ilmu-ilmu sosial yang efektif dan berkelanjutan memerlukan upaya kolaboratif antara pendidik, pengembang teknologi, dan pemangku kepentingan lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) ISSN 3026-3166 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JTP publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...