Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2023)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Berbahasa Bali Melalui Model Blended Learning

Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati (Pendidikan Bahasa Bali Undiksha)
Ida Ayu Putu Purnami (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putra Manik Aryana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran Artikel Berbahasa Bali, memaparkan bagaimana guru lebih mudah mengajar karena dengan menggunakan model ini dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti kurang bersemangat, berhalangan hadir ke sekolah, bahkan ketika siswa tersebut disibukkan dengan kegiatan praktikum. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga D SMKN 1 Singaraja tahun 2022/2023 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini tiada lain adalah pembelajaran artikel berbahasa Bali yang menggunakan model Blended Learning. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, tes dan juga kuisioner. Adapun analisis data yang dipergunakan adalan deskriptif kualitatif serta deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwasanya pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran artikel berbahasa Bali telah dilaksanakan dengan sistematis, kreatif dan juga inovatif. Hasil kedua yang didapatkan adalah fakta bahwa melalui penggunaan model Blended Learning pada pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, terutama menulis artikel menggunakan bahasa Bali. Hasil terakhir yang didapatkan adalah keterangan bahwa siswa memberikan pendapat atau respon yang baik terhadap jalannya pembelajaran selama menggunakan model Blended Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Blended Learning ini memiliki dampak yang begitu positif bagi kelangsungan pembelajaran, karena mampu membantu siswa dalam menulis artikel berbahasa Bali secara efektif dan efisien, sebagai poin plusnya siswa juga mampu meraih nilai sesuai dengan yang diharapkan. Kata kunci : Blended Learning, menulis, artikel berbahasa Bali

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...