Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menerapkan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan nyurat aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (2) Model Kooperatif tipe NHT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (3) Pendapat siswa mengenai penerapan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori, yaitu: model Kooperatif tipe NHT, keterampilan menulis, dan aksara Bali. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran menulis aksara Bali serta kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali meningkat dari data awal dengan rata-rata 67,5 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,94 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,47. (2) Hasil pendapat siswa pada pembelajaran menulis aksara Bali dengan model Kooperatif tipe NHT meningkat dengan rata-rata 19,34 kategori baik pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata 23,40. Dengan diterapkannya model Kooperatif tipe NHT sebagai salah satu model inovatif mampu meningkatkan semangat kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2023