Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2024)

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Bali Melalui Model Berbasis Proyek Di SMA Negeri Bali Mandara

Ni Putu Devi Sucyani (Unknown)
, Ida Bagus Rai (Unknown)
Ida Bagus Made Ludy Paryatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) penggunaan model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (2) Model Project Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (3) Model Project Based Learning dapat menjadi panduan bagi guru saat memberikan arahan dalam penggunaan bahasa Bali dalam konteks wacana maparibasa Bali kepada siswa, (4) Penelitian ini melibatkan siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara dalam penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, tes, dan kuesioner. Kartu data digunakan sebagai alat utama pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memastikan keandalan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, yang akan menjalani model PjBL (Project Based Learning) dalam pembelajaran berbicara dalam bahasa Bali dengan membuat wacana maparibasa Bali. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan pengembangan yang akan datang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...