Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 2 (2024): VOLUME 3 NOMOR 2, AGUSTUS TAHUN 2024

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X

Suprianto, Caesari Qanita Supri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kemahiran peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dengan menyelesaikan soal ujian tentang pertidaksamaan linear. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dari penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas X di MA PP Assalam Naga Beralih. Alat yang dipakai adalah alat penilaian berupa pertanyaan terbuka. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini melibatkan penerapan kuesioner yang dirancang untuk mengukur kemampuan dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan analisis, didapati bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat diidentifikasi melalui persentase hasil tes. Sebanyak 26,7% atau 4 peserta didik menunjukkan pencapaian tinggi, sementara 66,7% atau 10 peserta didik mencapai tingkat sedang. Hanya 7% atau 1 peserta didik yang tergolong pada tingkat rendah. Oleh karena itu, kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa peserta didik kelas X di MA PP Assalam Naga Beralih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...