Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kemahiran peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dengan menyelesaikan soal ujian tentang pertidaksamaan linear. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dari penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas X di MA PP Assalam Naga Beralih. Alat yang dipakai adalah alat penilaian berupa pertanyaan terbuka. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini melibatkan penerapan kuesioner yang dirancang untuk mengukur kemampuan dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan analisis, didapati bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat diidentifikasi melalui persentase hasil tes. Sebanyak 26,7% atau 4 peserta didik menunjukkan pencapaian tinggi, sementara 66,7% atau 10 peserta didik mencapai tingkat sedang. Hanya 7% atau 1 peserta didik yang tergolong pada tingkat rendah. Oleh karena itu, kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa peserta didik kelas X di MA PP Assalam Naga Beralih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong dalam kategori sedang.
Copyrights © 2024