Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 2 (2024): VOLUME 3 NOMOR 2, AGUSTUS TAHUN 2024

KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKATIF DI SD DUMAS SURABAYA

Wa Souvi Raaziqal Ningtyas, dkk (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah penggunaan permainan edukatif dan kreatif dapat membangkitkan semangat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar di SD DUMAS Surabaya. Subjek dalam studi ini adalah murid-murid di SD DUMAS. Metode yang digunakan adalah pembelajaran berbasis permainan edukatif yang dirancang khusus untuk mengajarkan konsep-konsep tertentu kepada peserta didik. Permainan ini melibatkan interaksi dan tantangan permainan edukatif memiliki potensi untuk meningkatkan semangat dan partisipasi dalam belajar siswa, serta metode pembelajaran kolaboratif yang melibatkan kerja sama dalam proses pembelajaran kelompok kecil dan tim untuk memecahkan masalah melalui diskusi dan saling membantu dalam memahami konsep-konsep. Berdasarkan temuan dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan edukatif yang kreatif dan interaktif secara signifikan meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, menciptakan lingkungan belajar akan membuat senang dan menantang, serta mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif berdiskusi serta saling membantu dalam memahami materi pembelajaran, sehingga bisa digunakan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...