urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Motif Pembelian dan Word of Mouth pada Konsumen Produk Skincare Lokal Organik

Saphira, Annisa Putri (Unknown)
mayangsari, ira dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Tren meningkatnya kepedulian konsumen terhadap lingkungan dan kesadaran untuk meningkatkan kualitas kesehatan memunculkan banyak produk kecantikan berbahan dasar organik dari berbagai merek. Konsumen mempertimbangkan motif rasional dan motif emosional dalam menggunakan skincare organik. Studi ini menggunakan metode mix method untuk mengeksplorasi motif rasional dan emosional dalam memilih produk skincare organic melalui online survey terhadap 101 responden dan wawancara dengan 10 informan.  Hasil penelitian memperlihatkan  responden memberi perhatian pada variabel motif rasional sebesar 84,57% dan 81,14% pada motif emosional. Selain itu, hasil wawancara mengungkap word of mouth melalui kerabat, influencers, iklan, sosial media, dan juga kampanye sosial menjadi perhatian konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...