Fokus dari penelitian ini pada penerapan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle dan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 16 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil observasi guru siklus I pertemuan pertama berada pada kategori kurang dan pada pertemuan kedua berada pada kategori cukup, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan pada pertemuan pertama berada pada kategori kurang dan pada pertemuan kedua berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru menunjukkan pada pertemuan pertama berada pada kategori baik dan pada pertemuan kedua berada pada kategori baik sekali, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan pada pertemuan pertama berada pada kategori baik dan pada pertemuan kedua berada pada kategori baik sekali. Sejalan dengan hal tersebut, Hasil belajar PKn siswa yang diperoleh pada siklus I dengan persentase ketuntasan hanya tiga puluh delapan persen. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi delapan puluh dua persen. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar telah berhasil.
Copyrights © 2024