Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dari peran guru penggerak terhadap pengembangan kompetensi sosial guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunung Agung. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari para guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunung Agung. Jumlah responden sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner sebagai teknik pokok, serta melengkapi dengan wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru penggerak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengembangan kompetensi sosial guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunung Agung. Ada sebesar 39,6% dari total pengaruh yang teramati diperoleh dari indikator-indikator tertentu, seperti kemampuan guru dalam menjalin kerjasama untuk bergotong royong dengan orang tua, sesama guru, menumbuhkembangkan ekosistem pembelajaran melalui aktivitas olahraga, kegiatan berpikir bersama, dan kegiatan kolegial dalam komunitas secara sukarela. Peran aktif guru penggerak menjadi penting dalam merangsang dan mengembangkan kompetensi sosial sesama guru. Pengembangan peran guru dalam konteks sosial memerlukan dukungan dan pengakuan terhadap peran guru penggerak dalam menciptakan lingkungan pembelajaran kondusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024