Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kalimat informal dalam interaksi antara mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam pembelajaran perkuliahan, untuk mengetahui efektivitas kalimat informal yang digunakan mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam pembelajaran perkuliahan, dan untuk mengetahui pengaruh kalimat informal dalam meningkatkan proses keberhasilan pembelajaran perkuliahan. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik observasi dibantu dengan pendekatan simak-catat. Terdapat 10 data mengenai bentuk kalimat informal yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen pada interaksi dalam pembelajaran. Penggunaan kalimat informal dalam proses pembelajaran dianggap kurang baik karena dapat menghambat proses penyampaian materi yang berkaitan dengan pemahaman mahasiswa. Penggunaan kalimat informal pada interaksi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi peningkatan proses keberhasilan pembelajaran perkuliahan karena berkurangnya penggunaan bahasa Indonesia atau kalimat yang sesuai dengan kaidah kebahasaan di lingkup pendidikan yang seharusnya menggunakan kalimat resmi atau formal.
Copyrights © 2024