Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari

Penggunaan Kalimat Informal pada Interaksi Mahasiswa dan Dosen dalam Pembelajaran

Sayyidina, Alviola Shafa (Unknown)
Nazhifa, Nisrina Azkia (Unknown)
Abadi, Machrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kalimat informal dalam interaksi antara mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam pembelajaran perkuliahan, untuk mengetahui efektivitas kalimat informal yang digunakan mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam pembelajaran perkuliahan, dan untuk mengetahui pengaruh kalimat informal dalam meningkatkan proses keberhasilan pembelajaran perkuliahan. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik observasi dibantu dengan pendekatan simak-catat. Terdapat 10 data mengenai bentuk kalimat informal yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen pada interaksi dalam pembelajaran. Penggunaan kalimat informal dalam proses pembelajaran dianggap kurang baik karena dapat menghambat proses penyampaian materi yang berkaitan dengan pemahaman mahasiswa. Penggunaan kalimat informal pada interaksi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi peningkatan proses keberhasilan pembelajaran perkuliahan karena berkurangnya penggunaan bahasa Indonesia atau kalimat yang sesuai dengan kaidah kebahasaan di lingkup pendidikan yang seharusnya menggunakan kalimat resmi atau formal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...