Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Fajriani, Nur (Unknown)
Irfan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema 8 Subtema 3 menggunakan model PjBL siswa kelas VI D UPT SD 28 Tumampua II. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini adalah siswa di kelas VI D UPT SD 28 Tumampua II yang berjumlah 25 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini ialah peningkatan hasil belajar IPA pada Tema 8 Subtema 3 melalui model Project Based Learning di kelas VI D. Teknik pengumpulan data ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Berdasarkan rekapitulasi hasil belajar IPA tema 8 subtema 3, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus jumlah siswa tuntas yaitu 7 orang dengan rata-rata kelas 64 dan persentase 28%. Hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,12% dari nilai dasar pada pra siklus, jumlah siswa tuntas yaitu 15 orang dengan rata-rata 75,6 dan persentase 60%. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30,62% dari nilai dasar pada pra siklus, jumlah siswa tuntas yaitu 21 orang dengan rata-rata 83,6 dan persentase 84% dari jumlah peserta didik dikelas yaitu 25 orang. Dengan hasil tersebut dapat dinyatakan kemampuan penulis dan siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, model pembelajaran PjBL dinilai baik dan telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPA Tema 8 Subtema 3 siswa kelas IVD UPT SD 28 Tumampua II tahun pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...