Masih ada sekitar 50% peserta didik yang masih kesulitan untuk menghafal perkalian, masih ada juga yang belum bisa perkalian susun terkadang ada yang sudah langsung bisa hafalan tetapi setelah itu peserta didik lupa sehingga hasil belajar peserta didik menjadi menurun nilainya masih ada yang dibawah KKM. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan minat belajar peserta didik dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Al Hikmah Surabaya. hasil signifikansi pada minat belajar peserta didik 0,200 yaitu sig 0,200 > lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. hasil signifikansi hasil belajar peserta didik 0,063 yaitu maka sig 0,063 > lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. nilai F = 5,251 dengan signifikansi 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa signifikansi 0,005 > lebih besar dari pada taraf signifikansi 0,05. uji T 0,000 maka nilai sig 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan Korelasi Product Moment Person sehingga dapat mengetahui apakah minat belajar peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. berdasarkan hasil dari rumus Korelasi Product Moment dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan 0,743.
Copyrights © 2024