Pendidikan kewarganegaraan memiliki urgenitas tinggi untuk diajarkan pada peserta didik sebagai generasi muda Bangsa Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan diperlukan untuk menyiapkan peserta didik agar dapat berkomitmen dan mempunyai konsistensi dalam upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan memberikan penekanan pada pembinaan dan pengembangan pribadi warga negara ideal. Tujuan dari adanya kajian ini adalah untuk mengetahui lebigh menyeluruh, mendalam dan komprehensif terkait perencanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaran. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Sumber data yang digunakan terdiri dari buku dan jurnal online yang memiliki kualitas tinggi dan relevan. Pada kajian ini terdapat pembahasan mengenai perencanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaran yang meliputi urgensi, manfaat, dan tahapan-tahapan pembuatan perencanaannya disesuaikan dengan lingkungan belajar. Diharapkan dengan adanya perencanaan pembelajaran ini, pendidikan kewarganegaraan dapat diaplikasikan pada peserta didik secara optimal dan berkesinambungan. Diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi penerus bangsa yang smart and good citizen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024